:: Lirik, Melawan Lupa ::

Sucker Rod Pump and Lirik Sunset

Sucker Rod Pump and Lirik Sunset

28 November 2013 merupakan hari yang tidak akan bisa dilupakan oleh masyarakat Lirik. Mengapa? Karena pada hari itu, kepemilikan Blok Kampar beralih dari pihak swasta kepada pihak BUMD. Walaupun belum terlepas secara keseluruhan, namun secara de-jure, rakyat Indragiri Hulu kelak akan mengelola blok migas yang telah berusia 80 tahun ini. Bagi saya, begitu banyak kenangan yang tersisa di Lirik. Lirik, yang terletak 158 km dari Pekanbaru, merupakan tempat dimana saya belajar segala hal. Kehangatan, serta keakraban masyarakatnya secara tidak langsung mewarnai kehidupan saya. 2.5 tahun saya habiskan di kota kecil ini, bekerja sebagai well service engineer. Disini pula saya mulai menggeluti dunia fotografi dan menulis. Saya masih teringat, rumah panggung hijau tempat inspirasi saya terbentuk. Rumah dari kayu tersebut terletak diatas bukit kecil, menghadap kearah lembah hijau yang berada di sebelah baratnya, dan dikepung oleh rindangnya pepohonan hijau berusia lebih dari separuh abad. Jika pagi tiba, bisa saya dengar dan lihat rombongan burung gereja saling berkejaran, bercumbu, dan berbincang diatas langit Lirik yang masih bergumul dengan embun pagi. Namun di siang hari, hiruk pikuk kendaraan berat beriringan menguasai Jalan Lintas Timur Sumatra yang terkenal padat. Sore merupakan waktu untuk memanjakan diri bagi mereka yang ingin mengeluarkan keringat. Ada yang bermain sepakbola, bulutangkis, jogging, atau sekedar bersantai menikmati matahari senja di ufuk barat. Saya, lebih cenderung menghabiskan waktu di beranda rumah panggung kayu ini, dengan menikmati seduhan teh Kayuaro sembari ditemani music Melayu dan aktivitas alam, hingga suara adzan maghrib memanggil untuk shalat.

Old Church in Lirik

Old Church in Lirik

Konon, Lirik dahulunya dibangun oleh para pekerja Stanvac (Standar Vacuum) dari USA yang mendominasi dunia perminyakan Indonesia semenjak tahun 1931. Dari bawah tanah Lirik, jutaan barrel minyak telah mengalir ke perusahaan dan otomatis meningkatkan gairah ekonomi serta pembangunan di wilayah ini. Bahkan, semua fasilitas terbaik seantero Riau, justru ada di Lirik, bukan di Pekanbaru. Sebut saja RS Stanvac, Bandara Japura, hingga fasilitas di Kompleks Perumahan Karyawan nya, merupakan yang terbaik, teraman, dan tercanggih pada masa itu.

Lirik Ginpole Workers

Lirik Ginpole Workers

Hari berganti bulan, bulan berganti tahun, dan tahun berganti dekade. Produksi minyak Lirik pun mulai berkurang. Fasilitas yang dahulunya mewah, berangsur-angsur mulai berkurang atau merana tidak diperhatikan lagi mengikuti efisiensi operasional yang diterapkan oleh perusahaan setelah Stanvac. Lirik yang dahulu ramai, kini tak ubahnya menjadi kota setengah tak bernyawa. Listrik yang dahulu murah dan mudah diperoleh, kini ibarat meminum obat, hidup dan mati bergiliran.

Keakraban Warga Lirik Dalam Panjat Pinang

Keakraban Warga Lirik Dalam Panjat Pinang

Namun, Lirik tetaplah Lirik yang bagi beberapa orang seperti saya, menawarkan pesona dan keakraban masyarakatnya yang multi etnis. Disini, saya memiliki teman dari Yogya yang mahir menggunakan bahasa Minang, Jawa, dan Melayu secara bersamaan. Ah..Lirik..bila waktu memihak, saya ingin menghirup aroma embun paginya kembali. Saya merindukan bertualang kembali memasuki alam liar dan perkampungan suku tradisional Talang Mamak di daerah Binio. Atau saya ingin menjelajahi bekas peradaban Kerajaan Indragiri sambil menikmati lezatnya makanan pindang dari Danau Meduyan…dan saya ingin..ah entahlah..begitu banyak hasrat dan kenangan yang ingin saya ulangi kembali di kota ini. Semoga di tangan yang terbaik, Lirik bisa kembali mengembalikan kejayaan, dan hasrat saya untuk kembali ke sana, terwujud.

Advertisements

~ by aldiparis on December 12, 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: