:: Breathtaking with Gajah Mada ::

Madakaripura

Dua orang tour guide sedang berdiri di bawah Air Terjun Madakaripura, Pasuruan - Photo by: Afrinaldi Z

Masa cuti telah tiba, saatnya untuk melepas rasa penat akan urusan kantor. Dan, target saya saat ini adalah daerah Pegunungan Tengger. Apa alasannya saya menunjuk tempat ini ? Well, berikut beberapa diantaranya :

1. Bulan Mei-Agustus adalah bulan terbaik, karena di daerah gunung sedang mengalami musim kemarau

2. Pengen menyicipi rawon asli daerah Nguling

3. Sudah 22 tahun lebih hidup di Surabaya, belum pernah sekalipun saya dan keluarga pergi ke Bromo, hmm..apa kata dunia?

Setelah menyiapkan semua “perlengkapan tempur”, kami segera berangkat sekitar jam 8 pagi demi mengejar Rawon Nguling dan juga salah satu tempat eksotis sebelum menuju Bromo, yakni Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini termasuk dalam wilayah pemerintahan desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Pasuruan. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat bertapa Mahapatih Gajah Mada adalah pukul 10.00 – 14.00. Diluar itu, hmm bersiaplah menghadapi kabut kelam dari gunung.

Mampir sebentar di Rawon Nguling, kami langsung beranjak ke daerah Sukapura. Hanya berjarak sekitar 7 km dari pertigaan Ngadisari, Sukapura, Tongas, tibalah kami di pintu gerbang. Setelah parkir kendaraan, petualangan berlanjut dengan menyisir bebatuan sungai yang lumayan deras. Sekitar 1 km berjalan, sampailah di air terjun Madakaripura. Oia, jangan lupa sewa tour guide, karena medannya berat. tarif seikhlasnya kok =). Terletak diatas ketinggian 620-m dengan ketinggian hingga 200-m, terlihat air terjun ini seperti air terjun yang berada di tempat lain. Tapi kalau kita sedikit berkorban dengan berbasah-basah ria menembus tetesan air yang jatuh, tibalah kita di suatu spot yang sangat mempesona (seperti foto diatas). Air terjun ini konon juga memiliki goa tempat bertapa Sang Mahapatih. Ada juga sumber mata air yang keluar langsung dari tebing dan dipercaya sebagai air minum dan mandi Gajah Mada. Konon bisa buat awet muda dan menyehatkan. Believe it or not lah. Setelah puas dengan air terjun ini, perjalanan berlanjut ke Bromo..Bromo here we come…

Advertisements

~ by aldiparis on May 21, 2009.

4 Responses to “:: Breathtaking with Gajah Mada ::”

  1. cantik dan damai sekali

  2. Salam Super-
    Salam Hangat dari pulau Bali-
    Mantabbbbbbb…
    pengen banget kesana…

  3. Banyak Misteri tentang sosok Gajah Mada. Ada banyak versi, versi yang paling populer tentu versi Negarakertagama, walaupun tidak disebutkan asal usul Gajah Mada. Adapun versi Pagaruyung, atau sejarawan Minang, Gajah Mada bearsal dari Sumatera, karena nama beliau tidak lazim ada di Jawa, Gajah dan Mada. Mada dalam bahasa Minang artinya Bandel, Keras Hati. Buktinya selama Gajah mada memimpin Operasi Palapa, ia tidak pernah melakukan penaklukan ke Dharmasyraya dan Minangkabau. Usaha penaklukan Minangkabau oleh Majapahit dilakukan setelah wafatnya Gajah Mada, dan itupun gagal total. Bersama dengan Aceh, Minangkabau adalah aderah yang tidak pernah berhasil di jamah oleh Majapahit di Sumatera.

    • Betul Bang Bot..banyak misteri dari Sang Mahapatih ini yang belum terungkap. Kapan dan dimana beliau lahir. Yang jelas, bersama Adityawarman (Panglima Dharmasraya) dan Laksamana Pu Nala, kiprah mereka telah berkibar di seantero Asia Tenggara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: